Jumat, 27 Juli 2012

ISLAM DAN KESEHATAN-4


Mensyukuri Nikmat Sehat
Disusun oleh :  H. Widjaja Kartadiredja
                
Hadirin sidang Jum’at yang dirahmati Allah,
Manusia diperintahkan Allah untuk bersyukur atas segala nikmat yang dianugrahkan Allah kepada kita.  Dalam Surat Al-Baqarah (QS.2) ayat 152 Allah berfirman :

Artinya :  Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku (QS.2 : 152).
Lalu dalam Surat Ibrahim (QS.14) ayat 7 Allah memaklumkan :

Dan (ingatlah) tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscata Aku akan menambah (nikmat) kepadamu,


Tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat berat" (QS.14 : 7).

Dengan dua contoh ayat ini jelas kita wajib mensyukuri segala nikmat yang dianugrahkan Allah kepada kita.  Kalau bersyukur akan ditambah nikmat, dan kalau tidak bersyukur, diancam dengan azab yang sangat berat.
Nikmat Allah itu tiada terhitung banyaknya, termasuk salah satunya yang setiap saat  dirasakan, adalah nikmat sehat.  Justru nikmat sehat ini sering dilupakan tatkala kita tengah berada dalam keadaan sehat. Padahal sehat itu karunia yang tiada tara nilainya.  Jika seseorang tengah dalam kondisi sakit yang sangat kritis, kesehatan tak ubahnya ibarat sebuah komoditi yang tak bisa diganti dengan benda apapun atau ditukar dengan uang seberapa pun banyaknya .
 Karena itu pada kesempatan khutbab ini, mari kita bersama-sama menyimak tentang bahasan pentingnya mensyukuri nikmat sehat. Tujuannya, disamping untuk menyempurnakan kewajiban mensyukuri nikmat Allah, juga agar hati kita termotivasi untuk senantiasa memelihara kesehatan.
Tentang pentingnya kesehatan, Rasulullah Saw menganjurkan untuk memohon ampunan dan kesehatan, sebagaimana sabdanya :


0 komentar:

Posting Komentar

 

www.widiakertapranata.com Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon